Tanda Terjadinya Kanker Kulit Pada Manusia

16 Tanda Terjadinya Kanker Kulit Pada ManusiaTanda Terjadinya Kanker Kulit Pada Manusia harus kalian ketahui, agar sel abnormal penyebab kanker ini tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker kulit – pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal dan paling sering tumbuh pada kulit yg terpapar cahaya matahari. Tetapi bentuk kanker yg umum ini juga bisa terjadi pada area kulit Kalian yg biasanya tidak terpapar cahaya matahari.

Kalian bisa mengurangi risiko kanker kulit dengan membatasi atau menghindari paparan radiasi ultraviolet (UV). Melakukan checkup pada kulit dapat menolong kalian dalam menemukan kelainan sel kanker yang belum tumbuh lebih awal. Deteksi dini kanker kulit memberi Kalian peluang terbesar untuk keberhasilan pengobatan kanker kulit. Baca juga: Mencegah Penularan Virus Covid-19

Tanda Terjadinya Penyakit Kanker Kulit Pada Manusia

Gejala Kanker Kulit

Di mana kanker kulit tumbuh

Kanker kulit biasa tumbuh pada daerah kulit yg sering terpapar cahaya mathari, hal ini seperti:

  • kepala
  • wajah
  • bibir
  • telinga
  • leher
  • dada
  • lengan dan tangan
  • dan pada kaki pada wanita.

Tapi itu juga dapat terbentuk di area yg jarang terlihat terang – telapak tangan, di bawah kuku jari tangan atau kaki, dan area genital Kalian.

Kanker kulit mempengaruhi orang-orang dari semua warna kulit, termasuk mereka yg berkulit lebih gelap. Ketika melanoma terjadi pada orang dengan warna kulit gelap, hal tersebut lebih mungkin terjadi di daerah yg biasanya tidak terpapar cahaya matahari, seperti telapak tangan dan telapak kaki.

Tanda dan Gejala Karsinoma Sel Basal

Karsinoma sel basal biasanya terjadi di area tubuh yg terpapar cahaya matahari, seperti leher atau wajah.

Karsinoma sel basal bisa muncul sebagai:

  • Benjolan mutiara atau lilin
  • Lesi datar, berwarna seperti daging atau coklat
  • Luka berdarah atau keropeng yg sembuh dan kembali

Tanda dan Gejala Karsinoma Sel Skuamosa

Orang dengan kulit lebih gelap lebih mungkin mengembangkan karsinoma sel skuamosa pada area yg tidak sering terpapar cahaya matahari.

Karsinoma sel skuamosa bisa muncul sebagai:

  • Nodul merah yg tegas
  • Lesi datar dengan permukaan bersisik dan berkrusta

Tanda dan Gejala Melanoma

Melanoma bisa tumbuh di mana saja di tubuh Kalian, di kulit normal atau di tahi lalat yg ada yg menjadi kanker. Melanoma paling sering muncul di wajah atau batang tubuh pria yg terpapar. Pada wanita, jenis kanker ini paling sering tumbuh di kaki bagian bawah. Pada pria dan wanita, melanoma bisa terjadi pada kulit yg belum terpapar cahaya matahari.

Melanoma bisa mempengaruhi orang-orang dari semua warna kulit. Tanda-tanda melanoma meliputi:

  • Bintik kecoklatan besar dengan bintik-bintik gelap
  • Tahi lalat yg berubah warna, ukuran atau rasa atau berdarah
  • Lesi menyakitkan yg gatal atau terbakar

Tanda dan gejala kanker kulit yg kurang umum

Jenis kanker kulit lainnya yg kurang umum meliputi:

  • Sarkoma kaposi. Bentuk kanker kulit yg langka ini tumbuh di pembuluh darah kulit dan menyebabkan bercak merah atau ungu pada kulit atau selaput lendir. Kelainan kulit ini pada umumnya terjadi pada manusia yg memiliki imun lemah, dan sering di alami oleh penderita penyakit Aids, dan terjadi pada orang yang memerlukan obat untuk menekan imun setelah melakukan operasi transplantasi oragan tubuh. Orang lain dengan peningkatan risiko sarkoma Kaposi termasuk pria muda yg tinggal di Afrika atau pria yg lebih tua dari warisan Yahudi Italia atau Eropa Timur.
  • Karsinoma sel Merkel. Untuk Karsinoma sel Merkel menyebabkan nodul keras dan mengkilap yg terjadi pada atau tepat di bawah kulit dan di folikel rambut. Karsinoma sel Merkel paling sering ditemukan di kepala, leher dan badan.
  • Karsinoma kelenjar sebasea. UntukKarsinoma kelenjar sebaceous – yg biasanya muncul sebagai nodul keras dan tidak nyeri – bisa tumbuh di mana saja, tetapi sebagian besar terjadi pada kelopak mata, di mana mereka sering disalahartikan sebagai masalah kelopak mata lainnya.

Penyebab Kanker Kulit

Kanker kulit terjadi ketika kesalahan (mutasi) terjadi pada DNA sel kulit yang tidak normal.

Sel yg terlibat dalam kanker kulit

Kanker kulit dimulai di lapisan atas kulit Kalian (epidermis). Epidermis mengandung tiga jenis sel utama:

  • Sel basal, yg menghasilkan sel kulit baru, berada di bawah sel skuamosa.
  • Melanosit – yg menghasilkan melanin, pigmen yg memberi warna normal pada kulit – terletak di bagian bawah epidermis Kalian.
  • Melanosit menghasilkan lebih banyak melanin saat Kalian berada di bawah cahaya matahari untuk membantu melindungi lapisan kulit yg lebih dalam.

Di mana kanker kulit Kalian dimulai menentukan jenisnya dan pilihan perawatan Kalian.

Cahaya ultraviolet dan penyebab potensial lainnya

Sebagian besar kerusakan DNA dalam sel-sel kulit disebabkan oleh radiasi ultraviolet (UV) yg ditemukan di bawah cahaya matahari dan lampu yg digunakan di tanning bed. Tetapi paparan cahaya matahari tidak menjelaskan kanker kulit yg tumbuh pada kulit yg biasanya tidak terpapar cahaya matahari.

Faktor risiko PEnyakit Kanker Kulit

Faktor-faktor yg bisa meningkatkan risiko kanker kulit meliputi:

  • Kulit putih. Siapapun, apapun warna kulitnya, dapat terpapar kanker kulit. Namun, memiliki lebih sedikit pigmen (melanin) di kulit Kalian memberikan perlindungan yg lebih sedikit dari radiasi UV yg merusak.
  • Jika Kalian memiliki rambut pirang atau merah dan mata berwarna terang, dan Kalian mudah berbintik atau terbakar cahaya matahari, Kalian lebih mungkin terpapar kanker kulit daripada orang dengan kulit lebih gelap.
  • Riwayat terbakar cahaya matahari. Sunburns di masa dewasa juga merupakan faktor risiko.
  • Paparan cahaya matahari yg berlebihan. Siapa pun yg menghabiskan banyak waktu di bawah cahaya matahari bisa mengembangkan kanker kulit, terutama jika kulit tidak dilindungi oleh tabir surya atau pakaian. Tanning, termasuk paparan lampu tanning dan tempat tidur, juga menempatkan Kalian pada risiko. Tan adalah respons cedera kulit Kalian terhadap radiasi UV yg berlebihan.
  • Iklim yg cerah atau dataran tinggi. Orang yg tinggal di iklim cerah dan hangat terpapar cahaya matahari lebih banyak daripada orang yg tinggal di iklim dingin. Tinggal di ketinggian yg lebih tinggi, di mana cahaya matahari paling kuat, juga membuat Kalian terpapar lebih banyak radiasi.

Faktor risiko Penyakit Kanker Kulit Lainnya

  • Tahi lalat. Orang yg memiliki banyak tahi lalat atau tahi lalat abnormal yg disebut displastik nevi berada pada peningkatan risiko kanker kulit. Jika Kalian memiliki riwayat tahi lalat yg tidak normal, perhatikan perubahannya secara teratur.
  • Lesi kulit prakanker. Memiliki lesi pada bagian kulit juga di sebut dengan istilah Actinic Keratosis dimana hal tersebut dapat mmeningkatkan potensi terserang kanker kulit. Pertumbuhan kulit prakanker ini biasanya muncul sebagai bercak kasar dan bersisik yg warnanya berkisar dari coklat hingga merah muda gelap. Mereka paling umum di wajah, kepala dan tangan orang berkulit putih yg kulitnya telah rusak akibat cahaya matahari.

Dan itulah beberapa pembahasan singkat kami tentang Tanda Terjadinya Kanker Kulit, semoga kalian dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kanker yg telah kita bahas diatas.